SOAL
EDS ONLINE PADAMU NEGERI UNTUK GURU
1.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
mencontek
saat ujian
tidak
mengerjakan tugas yang diberikan
menyalin
tugas dari pekerjaan temannya
bolos tanpa
alasan yang jelas dan dapat diterima
malas
belajar
terlibat
tawuran
terlibat
narkoba
sering
telat masuk sekolah
tidak
menghormati guru dan orang lain
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
giat
belajar dan rajin membaca
membantu
teman/orang lain dan hormat pada guru
disiplin
dan mematuhi tatatertib sekolah
melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya
sportif
dalam bertindak
berani
mengakui kesalahan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
mampu
menghapal cukup banyak informasi yang diajarkan
mampu
menjelaskan kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat
sendiri
mampu
menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
mampu
mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
mampu
membaca cepat dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
mampu
menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
menyimak
informasi secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat
sendiri
mampu
melakukan telaah secara kritis kritis terhadap teks atau buku
membuat
karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
melakukan
pengamatan dengan bimbingan dan petunjuk yang jelas dari guru
mengajukan
ide atau pertanyaan yang menunjukkan kreatifitas
mengamati
dan menanyakan tentang sebuah produk/karya seni atau teknologi
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
hasil
meniru karya orang lain
hasil
modifikasi karya orang lain
hasil
kreasi sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia
2.
STANDAR ISI
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
ceramah
diskusi dan
tanya jawab
demonstrasi
penemuan
terbimbing
pemecahan
masalah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Standar Isi
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
Standar
proses
Standar
penilaian
Panduan
penyusunan KTSP yang disusun BSNP
Standar Isi
dan Standar Kompetensi Lulusan dari sekolah di negara maju
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Mengadopsi
dan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh BSNP
Mengembangkan
KTSP melalui KKG/KKS/MGMP
Mengembangkan
KTSP sendiri dengan mengacu panduan yang disusun BSNP
Mengembangkan
KTSP sendiri dengan mengacu kurikulum sekolah di negara maju
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
Beragam dan
terpadu
Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
Menyeluruh
dan berkesinambungan
Belajar
sepanjang hayat
Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
tes
tertulis
tes lisan
pengamatan
kinerja
pengukuran
sikap
penilaian
hasil karya berupa tugas
penilaian
proyek
penilaian
produk
portofolio
penilaian
diri
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Sahih
(teruji kebenarannya)
Signifikan
(bermanfaat dalam pencapaian kompetensi)
Bermanfaat
secara akademis dan non akademis
Kelayakan
(mempertimbangkan taraf berpikir peserta didik)
Relevan,
konsisten, dan edukatif
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
dominan
pada aspek sikap dan perilaku
dominan
pada aspek pengetahuan
dominan
pada aspek keterampilan
proporsi
sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan dibuat merata
G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Mengembangkan
ketrampilan berpikir kritis
Mengembangkan
ketrampilan pemecahan masalah
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis untuk menumbuhkan budaya gemar - membaca
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Sesuai
perkembangan usia peserta didik
Mengembangkan
karakter mulia.
Memperhatikan
gender
Memperhatikan
karakeristik lingkungan sekitar peserta didik
Memperhatikan
kehidupan sosial peserta didik
Mengembangkan
sikap nasionalisme dalam kehidupan bernegara.
Memfasilitasi
penggunaan teknologi
tidak ada
jawaban yang sesuai
3. STANDAR PROSES
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Menganalisis
kompetensi yang akan diperoleh siswa
Menetapkan
materi ajar
Memilih
model/metode belajar yang relevan
Menentukan
dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
Menyusun
bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik
Menyusun
penilaian yang relevan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Memperhatikan
perbedaan individu
Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
Umpan balik
dan tindak lanjut
Keterkaitan
dan keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
Penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
Metode
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menarik
Pemilihan
media yang sesuai
Penggunaan
sumber belajar yang relevan
Penggunaan
penilaian autentik
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
kompetensi
yang akan dicapai
cakupan
materi ajar
rancangan
tugas selama satu semester
tugas
mandiri dan tugas kelompok yang harus dikerjakan
penilaian
yang akan dilakukan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Melakukan
remedial untuk peserta didik yang belum tuntas belajar
Melakukan
refleksi proses pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran
Menganalisis
daya serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran
Mengecek
gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran
Berkomunikasi
dengan teman sejawat atau KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Buku teks
dan lembar kerja dari penerbit tertentu
Buku teks
yang dikembangkan sendiri atau oleh kelompok guru
Buku
panduan
Ensiklopedia
atau kamus
Majalah
dan/atau Koran
Internet
Diktat yang
dikembangkan sendiri
Modul
belajar
Nara sumber
yang menguasai bidangnya
Perpustakaan
atau museum
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.13
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Melaksanakan
program sekolah dan tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin,
dan bertanggungjawab
Melaksanakan
pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter
jujur, disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
Melaksanakan
pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur,
disiplin, dan bertanggungjawab
Melaksanakan
kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki dampak terhadap pembentukan
karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.15
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Memperbanyak
aktifitas siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
Memberi
tugas belajar berupa telaah buku dan membuat karya tulis
Melakukan
aktifitas belajar berkelompok
Memberi
tugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
Memberi
tugas berkomunikasi dengan anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
Mempresentasikan
hasil kerja mandiri atau kelompok di depan kelas
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.17
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Tidak cukup
waktu
Kurang
menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
Tidak
didukung Kepala Sekolah
Kurangnya
sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah
Kemampuan
peserta didik tidak memadai
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.18
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Ceramah dan
diskusi
Belajar
berkelompok
Pembelajaran
berbasis proyek
Pembelajaran
berbasis masalah
Pembelajaran
inkuiri dan penemuan (discovery)
Strategi/metode
inovatif lainnya
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.19
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Tidak cukup
waktu
Kurang
menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
Tidak
didukung Kepala Sekolah
Kurangnya
sarana dan prasarana di sekolah
Kemampuan
peserta didik tidak memadai
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.20
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Memotivasi
peserta didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran
Meningkatkan
keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan sosial
Melibatkan
peserta didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam
dan sosial
Melakukan
pembelajaran secara inkuiri
Menumbuhkan
kebiasaan membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh
mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.27
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Lebih dari
2 kali/tahun
2
kali/tahun
1
kali/tahun
tidak
pernah
G.3.29
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Perencanaan
Pelaksanaan
pembelajaran
Penilaian
hasil belajar
tidak ada
jawaban yang sesuai
4. STANDAR PENILAIAN
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Obyektif,
yakni berbasis pada standar dan tidak subyektif
Terpadu,
yakni terencana, menyatu dengan kegiatan pembelajaran, dan
berkesinambungan
Ekonomis,
yakni efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
Transparan,
yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan
keputusan dapat diakses oleh semua pihak
Akuntabel,
yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun
eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
Edukatif,
mendidik dan memotivasi peserta didik dan guru
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
menetapkan
indicator, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih
jenis instrumen
mengkaji
SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
mengkaji
SK/KD, menyusun kisi-kisi, memilih jenis instrument, menyusun instrumen
mengkaji
SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi
melakukan
pembahasan instrumen bersama teman sejawat, menyusun instrumen
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Dokumen
cetak
Dokumen
yang mudah diakses di internet
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Pedoman
penilaian
Kriteria
ketuntasan hasil belajar
Pedoman
penskoran termasuk rubrik penilaian
Petunjuk
tentang pengolahan nilai dan KKM
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Tes
tertulis
Tes lisan
Instrumen
penugasan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Menganalisis
kesamaan/pola jawaban dalam jawaban ujian
Melakukan
pengamatan sikap dan perilaku terutama untuk kelompok pelajaran agama dan
akhlak mulia
Menganalisis
laporan hasil pengamatan beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta
didik
Menilai
sikap perilaku peserta didik ketika berada di sekolah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Lembar
Observasi
Penilaian
diri
Penilaian
antar teman
Jurnal
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Menganalisis
tes uraian menggunakan rubrik
Menilai
laporan telaah buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
Menilai
penyampaian peserta didik dalam menyajikan karya di depan kelas
Menilai
sikap dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Penilaian
karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
Melaksanakan
pameran hasil karya peserta didik (showcase portfolio)
Penilaian
proses selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi
permasalahan dan menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
Penilaian
kemampuan peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan
mengkomunikasikan proses penyelesaian masalah/pembuatan produk
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Fortofolio
Tes praktek
Proyek
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
kurang
memahami cara membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah hasilnya
belum
melakukan penilaian sikap dan perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
tidak cukup
waktu untuk melaksanakan penilaian sikap dan perilaku
penilaian
sikap dan perilaku tidak dituntut oleh sekolah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Kemajuan
belajar siswa,
Kesulitan
belajar siswa,
Cara
melakukan perbaikan proses pembelajaran
tidak ada
jawaban yang sesuai
5. STANDAR PTK
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
dilakukan
dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan
secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum memahami penilaian
secara utuh
diperoleh
melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
dilakukan
dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan
secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum paham
diperoleh
melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
tidak ada
jawaban yang sesuai
6. STANDAR
PENGELOLAAN
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Rapat
Spanduk,
leaflet, brosur
Papan
pajangan/banner
Dokumen RKS
Surat
edaran kepala sekolah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Kepala
sekolah
Guru
Orang Tua
Peserta didik
Pemerintah
daerah
Dunia usaha
dan dunia industri
Alumni
Tokoh
masyarakat
Ketua
Yayasan (untuk sekolah swasta)
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Penyusunan
RKAS sekolah
Membangun
kerjasama kemitraan dengan lembaga lain
Pemecahan
masalah belajar peserta didik
Pengembangan
kurikulum dan silabus
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Melibatkan
orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan mutu sekolah
Melibatkan
guru dan komite sekolah dalam menetapkan sebuah kebijakan
Menerapkan
azas demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan
keputusan
Menerapkan
sistem manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat
sekolah menjadi mandiri
Menerapkan
standar pelayanan prima
Menerapkan
manajemen mutu terpadu
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Ikhlas
dalam melaksanakan kegiatan sekolah
Bertukar
pendapat dalam pemecahan masalah belajar peserta didik
Disiplin
dalam menjalankan tugas
Sikap
ilmiah yang dimiliki warga sekolah
Suasana
kondusif di sekolah
Tolong-menolong
melalui kegiatan sosial sekolah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Kejujuran
Memperhatikan
bawahan, dan terbuka
Kerja keras
dan disiplin
komunikatif
dan perhatian
Bekerjasama
dengan pihak lain untuk kepentingan pengembangan sekolah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Kepedulian
pimpinan terhadap program kerja sekolah
Tanggungjawab
kepala sekolah
Keikhlasan
dalam melaksanakan tugas
Kemampuan
mengorganisir staf/guru
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Dapat
diakses via internet
dapat
diakses melalui komputer di ruangan khusus
Disediakan
dalam bentuk laporan cetak
hanya dapat
diakses oleh pihak tertentu
Tidak
tersedia
tidak ada
jawaban yang sesuai
7. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Digunakan
secara rutin
Tidak dapat
digunakan karena peralatan tidak lengkap
Tidak dapat
digunakan karena peralatan utama rusak
Tidak
digunakan karena tidak ada bahan yang dibutuhkan
Tidak
digunakan karena tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
Tidak
digunakan karena belum memahami cara menggunakannya
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Sering
digunakan
Penyimpanan
yang tidak tepat
Tidak dirawat
secara rutin karena tidak ada dana
Tidak
digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
Memang
sudah rusak sejak diterima
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Sirkulasi
udara baik
Kebersihan
terjaga
Pencahayaan
cukup
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Ukuran
ruang standar
Penataan
ruang baik
Kelengkapan
perabot mencukupi
Tersedia
sambungan internet
Daya
listrik memadai
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Ukuran
ruang memadai
Penataan
ruang baik
Kelengkapan
perabot mencukupi
Peralatan
Memadai
Sambungan
internet
Daya
listrik yang memadai
tidak ada
jawaban yang sesuai
SOAL EDS ONLINE UNTUK KS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KS.1.1
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat kabupaten/kota pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat kabupaten/kota pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.2
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat propinsi pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat propinsi pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.3
Jumlahpenghargaan yang diraih sekolah pada tingkat nasional pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlahpenghargaan yang diraih sekolah pada tingkat nasional pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.4
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat internasional pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat internasional pada satu tahun terakhir adalah ...
STANDAR ISI
KS.2.3
Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/Ibu mencakup
Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/Ibu mencakup
- Pengembangan kepribadian peserta didik
- Pengembangan sosial peserta didik
- Pengembangan belajar peserta didik
- Berkenaan masalah karier peserta didik
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.2.4
Dokumen data yang dikembangkan di sekolah sebagai pendukung program pelayanan bimbingan dan konseling yang termuat dalam kurikulum sekolah adalah
Dokumen data yang dikembangkan di sekolah sebagai pendukung program pelayanan bimbingan dan konseling yang termuat dalam kurikulum sekolah adalah
- dokumen tata tertib sekolah
- data peserta didik,
- dokumen asesmen autentik peserta didik
- dokumen permasalahan belajar peserta didik
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.2.8
Penelaahan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah dilengkapi dengan
Penelaahan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah dilengkapi dengan
- Laporan tertulis berupa daftar rekomendasi perbaikan kurikulum.
- Laporan tertulis berupa laporan hasil kegiatan riviu kurikulum (lengkap dengan lampiran yang relevan)
- Tidak ada laporan, karena sekolah tidak melakukan riviu kurikulum
STANDAR PROSES
KS.3.28
Cara bapak/ibu dalam melakukan pemantauan kegiatan pembelajaran oleh guru adalah melalui
Cara bapak/ibu dalam melakukan pemantauan kegiatan pembelajaran oleh guru adalah melalui
- Diskusi kelompok terfokus
- Pengamatan
- Pencatatan
- Perekaman
- Wawancara
- Dokumentasi
- tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENILAIAN
KS.4.2
Dalam merancang penilaian, guru di sekolah bapak/ibu menggunakan:
Dalam merancang penilaian, guru di sekolah bapak/ibu menggunakan:
- pedoman penilaian
- kriteria ketuntasan hasil belajar
- pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian
- petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.4.8
Sekolah menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk:
Sekolah menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk:
- menentukan kriteria kenaikan kelas bagi sekolah yang menggunakan sistem paket
- menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
- memetakan permasalahan yang dihadapi sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.4.9
Untuk menjamin kesahihan instrumen penilaian, guru di sekolah bapak/ibu melakukan langkah-langkah berikut :
Untuk menjamin kesahihan instrumen penilaian, guru di sekolah bapak/ibu melakukan langkah-langkah berikut :
- menyusun kisi-kisi instrumen
- menyusun soal berdasarkan kisi-kisi soal
- melakukan analisis kesesuaian instrumen penilaian dengan kompetensi yang diukur (uji validitas)
- menggunakan butir soal yang sudah dianalisis untuk penilaian hasil belajar
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.4.17
Penyampaian laporan hasil evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik disampaikan pada kepada Kepala Sekolah pada
Penyampaian laporan hasil evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik disampaikan pada kepada Kepala Sekolah pada
- akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik
- akhir tahun dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik
- Tidak dilaporkan
KS.4.18
Laporan yang disampaikan Kepala Sekolah/Madrasah kepada orang tua peserta didik dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kandepag pada setiap akhir semester adalah
Laporan yang disampaikan Kepala Sekolah/Madrasah kepada orang tua peserta didik dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kandepag pada setiap akhir semester adalah
- Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)
- Ujian Akhir (US/UN)
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.4.19
Setelah melakukan penilaian hasil belajar, guru melakukan:
Setelah melakukan penilaian hasil belajar, guru melakukan:
- Analisis penilaian hasil belajar
- Program pebaikan/pengayaan
- Revisi RPP untuk perbaikan proses pembelajaran berdasarkan analisis penilaian hasil belajar
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.4.21
Kegiatan yang dilakukan sekolah terkait dengan hasil ujian nasional (UN) dan ada buktinya di sekolah adalah
Kegiatan yang dilakukan sekolah terkait dengan hasil ujian nasional (UN) dan ada buktinya di sekolah adalah
- Pelatihan guru
- Memperbaiki bahan ajar
- Melakukan remedial
- Memperbaiki RPP secara kolektif
- Menyusun instrumen penilaian yang berkualitas
- tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PTK
KS.5.4
Aktifitas guru yang dilakukan di sekolah di luar jam mengajar antara lain
Aktifitas guru yang dilakukan di sekolah di luar jam mengajar antara lain
- Melakukan kegiatan administrasi
- Berdiskusi dengan kelompok guru mata pelajaran untuk peningkatan mutu proses pembelajaran
- Melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dan membuat perbaikan RPP
- Menelaah laporan tugas dan hasil ujian peserta didik
- Membaca untuk persiapan mengajar
- Merancang dan membuat media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran
- Mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi untuk membuat bahan ajar
- Membuat instrumen evaluasi untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku
- tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENGELOLAAN
KS.6.1
Hal yang dijadikan pertimbangan dalam penyusunan visi dan misi sekolah
Hal yang dijadikan pertimbangan dalam penyusunan visi dan misi sekolah
- Analisis kebutuhan internal stakeholder
- Analisis kebutuhan eksternal stakeholder
- Hasil analisis profil sekolah
- Hasil evaluasi diri sekolah
- Standar Kompetensi Lulusan
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.2
Ukuran kompetensi lulusan yang mencerminkan keterwujudan visi, keterlaksanaan misi dan ketercapaian tujuan sekolah adalah:
Ukuran kompetensi lulusan yang mencerminkan keterwujudan visi, keterlaksanaan misi dan ketercapaian tujuan sekolah adalah:
- Persentase pencapaian kompetensi lulusan sesuai dengan standar minimal kelulusan sekolah
- Kompetensi lulusan relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan
- Persentase jumlah peserta didik yang mencapai SKL
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.4
Penyusunan rencana kerja sekolah (baik RKS maupun RKA-S) dilakukan dengan cara
Penyusunan rencana kerja sekolah (baik RKS maupun RKA-S) dilakukan dengan cara
- Mempertimbangkan masukan dari komite sekolah
- Analisis kebutuhan berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah
- Diketahui oleh dinas pendidikan kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi sekolah swasta
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.5
Upaya pengembangan karier guru yang telah dilakukan adalah
Upaya pengembangan karier guru yang telah dilakukan adalah
- promosi guru berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme
- pengembangan guru yang diidentifikasi sesuai dengan aspirasi individu dan kebutuhan kurikulum
- penempatan guru sesuai dengan kebutuhan baik jumlah dan kualifikasinya dengan menetapkan aspek prioritas
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.6
Aspek-aspek apa saja yang diuraikan dalam rencana kerja tahunan yang dimiliki sekolah Bapak/Ibu?
Aspek-aspek apa saja yang diuraikan dalam rencana kerja tahunan yang dimiliki sekolah Bapak/Ibu?
- Kesiswaan
- Kurikulum dan kegiatan pembelajaran
- Pendidik dan tenaga kependidikan
- Sarana dan prasarana
- Keuangan dan pembiayaan
- Budaya dan lingkungan sekolah
- Peran serta masyarakat dan kemitraan
- Rencana kerja untuk peningkatan mutu
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.7
Pedoman pengelolaan sekolah yang dimiliki:
Pedoman pengelolaan sekolah yang dimiliki:
- Kurikulum
- Kalender pendidikan
- Struktur organisasi sekolah
- Pembagian tugas guru
- Pembagian tugas tendik
- Peraturan akademik
- Tata tertib sekolah
- Kode etik sekolah
- Biaya operasional sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
- Kepala sekolah
- Guru
- Orang Tua Peserta didik
- Pemerintah daerah
- Dunia usaha dan dunia industri
- Alumni
- Tokoh masyarakat
- Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.9
Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengembangan dan penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah Bapak/Ibu
Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengembangan dan penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah Bapak/Ibu
- Komite sekolah
- Dinas pendidikan
- Pakar pendidikan
- Dewan guru
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.12
Kapan sekolah bapak/ibu mereviu visi/misi sekolah :
Kapan sekolah bapak/ibu mereviu visi/misi sekolah :
- Tidak pernah
- Kurang dari 4 tahun sekali
- 4 tahun sekali
- Sesuai kebutuhan
KS.6.13
Penyusunan program peningkatan mutu sekolah berdasarkan pada:
Penyusunan program peningkatan mutu sekolah berdasarkan pada:
- Evaluasi diri sekolah
- Kelulusan peserta didik
- Akreditasi sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.14
Program pengawasan dan evaluasi yang disusun dan dilakukan di sekolah bapak/Ibu meliputi
Program pengawasan dan evaluasi yang disusun dan dilakukan di sekolah bapak/Ibu meliputi
- pemantauan
- supervisi
- evaluasi
- pelaporan
- tindak lanjut
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.15
Program pengawasan pelaksanaan akademik internal sekolah yang bapak/ibu lakukan meliputi evaluasi:
Program pengawasan pelaksanaan akademik internal sekolah yang bapak/ibu lakukan meliputi evaluasi:
- Kehadiran guru dan peserta didik
- Ketersediaan dokumen perencanaan pembelajaran yang dikembangkan guru
- Sumber belajar yang digunakan guru
- Efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan guru
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.16
Upaya tindak lanjut kepala sekolah terhadap hasil temuan supervisi dilakukan melalui:
Upaya tindak lanjut kepala sekolah terhadap hasil temuan supervisi dilakukan melalui:
- Mengontrol kesesuaian mekanisme pelaksanaan program/kegiatan
- Melakukan penyamaan persepsi ketua dan pelaksana kegiatan
- Melakukan pendampingan dalam pelaksanaan program/kegiatan
- Mengevaluasi RKAS terkait kesesuaian indikator mutu kegiatan
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.17
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Bapak/Ibu
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Bapak/Ibu
- Dilakukan setiap akhir tahun pelajaran
- Dilakukan setiap akhir semester
- Dilakukan setiap 4 tahun sekali sesuai masa jabatan kepala sekolah
- Tidak pernah dilakukan
KS.6.18
Program peningkatan mutu sekolah pada tahun ini, meliputi
Program peningkatan mutu sekolah pada tahun ini, meliputi
- Peningkatan sarana dan prasarana sekolah
- Peningkatan kualitas pembelajaran
- Peningkatan mutu pengelolaan/manajemen sekolah
- Peningkatan pencapaian kelulusan
- Peningkatan suasana kondusif
- Pendidikan karakter/akhlak/budi pekerti
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.19
Penetapan struktur organisasi sekolah dilakukan melalui mekanisme
Penetapan struktur organisasi sekolah dilakukan melalui mekanisme
- Keputusan Kepala Sekolah
- Mempertimbangkan pendapat Komite Sekolah
- Evaluasi secara berkala
- Rapat dewan pendidik
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.20
Hal yang dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu dalam memberikan tugas pada PTK adalah
Hal yang dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu dalam memberikan tugas pada PTK adalah
- Keahlian staf/guru
- Komitmen staf/guru
- Beban kerja staf/guru
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.21
Mekanisme yang dilalui dalam setiap pelaksanaan kegiatan di sekolah bapak/ibu adalah
Mekanisme yang dilalui dalam setiap pelaksanaan kegiatan di sekolah bapak/ibu adalah
- Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah
- Penentuan penanggungjawab dan pelaksana kegiatan
- Rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan dan penentuan mekanisme kegiatan
- Pelaksanaan Kegiatan
- Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan
- Pengukuran hasil dan dampak serta Penyusunan Laporan Pelaksanaan kegiatan
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.22
Prinsip-prinsip yang telah diterapkan oleh sekolah dalam seleksi penerimaan peserta didik baru
Prinsip-prinsip yang telah diterapkan oleh sekolah dalam seleksi penerimaan peserta didik baru
- Objektif, transparan dan akuntabel
- Tanpa diskriminasi
- Berdasar kriteria hasil Ujian Nasional
- Sesuai daya tampung sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.23
Kebijakan dan program apa saja yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh sekolah dalam upaya pembinaan karakter dan disiplin siswa, antara lain:
Kebijakan dan program apa saja yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh sekolah dalam upaya pembinaan karakter dan disiplin siswa, antara lain:
- Tersedianya tata tertib sekolah
- Implementasi program pengembangan karakter peserta didik
- Implementasi kedisiplinan dan keteladanan guru dalam keseharian aktivitas sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.24
Kebijakan pimpinan sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah adalah
Kebijakan pimpinan sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah adalah
- Melakukan review kurikulum (peninjauan kembali kompetensi, materi akademik, strategi/metode, penilaian)
- Penetapan penilaian berbasis kelas
- Monitoring pelaksanaan kegiatan pembelajaran
- Implementasi model pembelajaran yang inovatif
- tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
KS.7.19
Kondisi kenyamanan ruang kerja pimpinan / kepala sekolah :
Kondisi kenyamanan ruang kerja pimpinan / kepala sekolah :
- Sirkulasi udara baik
- Kebersihan terjaga
- Pencahayaan cukup
- Penataan ruang baik
- Ukuran ruang memadai
- Prabot lengkap
- Peralatan memadai
- Tersedia sambungan internet
- Daya listrik yang memadai
- tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PEMBIAYAAN
KS.8.7
Bentuk bantuan yang diberikan bagi peserta didik miskin adalah:
Bentuk bantuan yang diberikan bagi peserta didik miskin adalah:
- pemberian beasiswa
- penyesuaian kemampuan iuran sekolah
- pembebasan uang iuran dan biaya lainnya
- Pemberian subsidi silang
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.8.8
Sarana prasarana milik sekolah yang telah dihitung nilai asetnya pada tahun terakhir:
Sarana prasarana milik sekolah yang telah dihitung nilai asetnya pada tahun terakhir:
- Gedung
- Tanah/Lahan
- Meubelair
- Kendaraan bermotor
- Peralatan multimedia
- Perabot
- tidak ada jawaban yang sesuai
KS.8.9
Dokumen laporan pembiayaan yg dimiliki sekolah:
Dokumen laporan pembiayaan yg dimiliki sekolah:
- catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana
- pembukuan biaya operasionalonal
- laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
- tidak ada jawaban yang sesuai

Tidak ada komentar:
Posting Komentar