Rabu, 08 Mei 2013

Cara Cek Nomor Peserta UKA dan Tempat Uji Kompetensi Sertifikasi 2013

Posting kali ini saya tujukan bagi rekan guru yang sedang dan akan mengikuti proses sertifikasi tahun 2013. Setelah sebelumnya saya sampaikan rencana jadwal pelaksanaan UKA 2013, selanjutnya bagi guru yang sudah terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru tahun 2013 akan menjalankan Uji Kompetensi Awal yang rencananya akan dilaksanakan secara online yang dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi atau TUK pada bulan Mei ini.


Calon peserta UKA 2013 adalah semua guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan guru yang terdaftar sebagai peserta, tidak memandang ketentuan persyaratan sertifikasi. Jadi, walaupun belum memenuhi kriteria persyaratan sertifikasi, namun sudah divalidasi dan diverifikasi, guru tersebut berhak mengikuti UKA. Nanti, setelah UKA, barulah ditentukan sesuai persyaratan dan kuota setiap daerah.

Sebagai peserta sertifikasi 2013, harus selalu memantau perkembangan informasi tentang sertfifikasi. Website yang patut dikunjungi adalah http://sergur.kemdiknas.go.id. Informasi terbaru dari http://sergur.kemdiknas.go.id, bahwa peserta UKA Sertifikasi Tahun 2013 adalah seluruh peserta sertifikasi yang datanya sudah divalidasi dan terverifikasi. Validasi data selesai dilakukan per 7 Mei 2013, bagi data yang tidak valid sudah dikeluarkan dari daftar calon peserta, yaitu :
•    Jenjang dan atau tempat tugas tidak diisi
•    Bidang studi TIK, tidak memenuhi kriteria untuk bidang studi TIK
•    Usia libih besar atau sama dengan 59 tahun atau usia kurang dari 16 tahun

Jika nama anda sudah masuk dalam daftar guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, kemudian anda dapat mengecek nomor peserta UK dan Tempat Uji Kompetensi Sertifikasi tahun 2013. Berikut ini akan saya berikan langkah-langkahnya....

Pertama, buka http://sergur.kemdiknas.go.id/, maka akan tampil halaman seperti ini...
 

 Pilih Daftar guru belum bersertifikat pendidik, akan menuju halaman seperti di bawah ini...





 Kemudian klik Pencarian, akan muncul kotak untuk memasukkan NUPTK, kemudian masukkan NUPTK anda, dan klik ikon/gambar kaca pembesar disamping kanan, seperti di bawah ini
 setelah memasukkan NUPTK dan klik pencarian akan keluar lembar informasi data yang memuat tentang NUPTK, nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, masa kerja, bidang studi sertifikasi, dll, seperti contoh berikut ini..



Nah..jika lembar informasi data keluar, pada bagian atas, ada keterangan status data terakhir sudah diverifikasi, tempat uji kompetensi dan nomor peserta UK.
Demikianlah, semoga bermanfaat, dan saya ucapkan selamat mengikuti UKA..terimakasih







Tidak ada komentar:

Posting Komentar