
Lampung Fair adalah peristiwa besar yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Provinsi Lampung sejak 2010.
Pada tahun pertama 2010 sebanyak 250.000 orang, dan pada tahun kedua Lampung Fair 2011 sebanyak 300.000 orang dari semua lapisan masyarakat [A, B, C]. (Berdasarkan penjualan tiket). Berdasarkan pengalaman yang ada dengan kepentingan pengunjung, penyewa stan dan sponsor yang berpartisipasi dalam acara Lampung Fair, Pemerintah Daerah Prov Lampung antusias menjadikan Lampung Fair sebagai suatu peristiwa tahunan di Provinsi Lampung.
Tema Lampung Fair 2012 : Heritage of Lampung
Tema ini memiliki makna yang tepat dan sejalan dengan era pembangunan daerah Lampung yang tengah gencar dilaksanakan Pemprov Lampung.Tujuan
Menciptakan interaksi antara sponsor potensial dan target pasar di Lampung yang akan mengarah pada terciptanya interaksi yang kuat, dan timbul keterlibatan antara merek ( brand ) dan target pasar.Selama acara pameran berlangsung diharapkan :
- Berfungsi sebagai UJI COBA Produk
- Menghasilkan PENJUALAN/PEMBELIAN produk
- Merangsang KEPUASAN konsumen
- Pada akhirnya, LOYALITAS konsumen akan terjadi
Fakta & Angka
Data Lampung Fair 2011- Lampung Fair 2011 tahun lalu telah memecahkan rekor sebuah rekor MURI dalam acara yang melibatkan 17.500 orang untuk minum kopi bersama
- Jumlah pengunjung sebanyak 300.000 orang
- Transaksi Lampung adil 2011 mencapai senilai Rp. 19 miliar
Target Audiens
Target Penyelenggaraan Lampung Fair 2012 akan menarik minat masyarakat untuk datang ke lokasi pameran yaitu dari kota / provinsi se-Lampung dan sekitarnya serta nasional National kurang lebih sebanyak 400.000 orang. Yang terdiri dari pengunjung :Keluarga (25%)
Profesional (45%)
Kalangan muda (30%)
Dengan harga tiket yaitu Rp 7000 pada hari biasa dan Rp 10000 pada hari minggu termasuk asuransi bagi pengunjung dan peserta pameran.
Startegy Lampung Fair 2012
Promosi :- TV Lokal & Nasional
- Media Cetak
- Radio
- Media Online (internet)
- Komunikasi pemasaran
- Teaser
- Merchandise
- Humas
- Pengumpulan Sponsor
- Carnaval
- Pameran
- Hiburan
- Festival
Promosi :
Tujuan Promosi:Lampung Fair 2012 diselenggarakan untuk menciptakan kesadaran terhadap peristiwa di antara target dan pasar, menghasilkan potensi lalu lintas untuk acara, pengesahan citra sponsor dan menciptakan kaitan positif antara pemilik merek dagang dan Lampung Fair itu sendiri.
Target Promosi:
Target Promosi Lampung Fair 2012 akan lebih fokus pada pengunjung pria dewasa dengan umur: 25 -45 tahun, dengan kemampuan bertindak sebagai pengambil keputusan dalam rumah tangga.
Strategi Promosi:
Selama acara berlangsung Lampung Fair 2012 akan lebih fokus pada pesan pada nilai-nilai hiburan dan budaya Lampung.
Publikasi :
- Iklan Radio
- Public Relation
- Social Media
- Situs Resmi
- Branding dan penempatan POSM (Point Of Sales Management)
- Cakupan berita melalui TV
Pre Event :
Tujuan Pre Event:Untuk menciptakan kesadaran terhadap peristiwa di antara target pasar dengan memberikan peristiwa penunjang dalam skala yang lebih kecil yang diadakan di Lampung, kota-kota sekitarnya dan Jakarta yang akan mensimulasikan dan menggoda 5 indera target pasar.
Konsep Pre Event:
Non Permanent Cafe di dalam mal yang akan memberikan teaser tentang Lampung Cukup dengan penekanan utama pada Festival Kopi
Kegiatan kunci Pre Event:
- Ambience yang memanfaatkan kopi sebagai daya tarik utama
- Khusus penjualan kopi
- Wifi gratis
- Paket penjualan mekanisme (bundling)
- Pendidikan oleh SPG dan TVC tentang Lampung Fair
- Jakarta : Blok M Square, Detos, ITC ManggaDua, Metropolitan Mall Bekasi, Giant Bintaro, UniversitasTrisakti, UniversitasTarumanegara, Universitas Tarumanegara, Universitas Atmajaya, Universitas Dr. Mustopo, Universitas Islam Negeri.
- Lampung : Mall Kartini, Bandara Branti, Lotus Mall
Acara Inti Lampung Fair 2012
Karnaval Kebudayaan
- Tari Bedana Lampung
- Silat Lampung
- Pentas Musik
- Gamolan Lampung
- Akustik Lampung
Pameran
- Budaya, Pariwisata dan Pembangunan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung
- Produk / Bisnis
- Kuliner
- Elektronik dan IT
Hiburan
- Festival Musik Daerah
- Festival Indie Band
- Modern Dancer, Ethnic dan Tradisional
Acara Puncak
Festival Kopi Internasional 100% IndonesiaTentang Kemitraan, Sponsor dan Tenant (Peserta Pameran)
Konstruksi Standard
Peserta pameran dapat memilih jenis stan pameran yang akan disewa, yaitu bare space atau standard booth.BareSpace (RoofModels)
Pihak penyelenggara hanya menyediakan lahan saja dalam keadaan kosong, dengan fasilitas listrik.
Design Dekorasi & Konstruksi dibangun oleh peserta dengan menggunakan desain stand pameran dan kontraktor sendiri.
Canopy Booth
Dilengkapi dengan fasilitas yaitu tenda 5 x 5 m dan 3 x 3 m, dengan kapasitas daya listrik sebesar 220 V / 6-10 A.
Paket Large
- Area Promosi : 1 Outdoor Space 10 x 10 m
- Slot Acara : 1 jam per hari (8 hari)
- Branding (Main Area)
- 150 pcs Individual V/H Banner
- Baliho 4 x 6
Paket Medium
- Area Promosi 1 Outdoor Space 8 x 4 m
- Slot Acara 1 jam per hari (6 hari)
- Electrical 5.000 watt
- Branding (Main Area) 50 pcs Individual V/H Banner dan Baliho 3 x 4 m
Paket Small
- Area Promosi 1 Outdoor Space 6 x 4 m
- Slot Acara 1 jam per hari (3 hari)
- Electrical 5.000 watt
- Branding (Main Area) 20 pcs Individual V/H Banner dan Baliho 2 x 3 m
Tenda Sarnavil A
- Area Promosi 1 Outdoor Space5x 5 m
- Electrical 1200 watt
- Branding (Main Area) 10pcs Individual V/H Banner
Tenda Sarnavil B
- Area Promosi 1 Outdoor Space3 x 3 m
- Electrical 900 watt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar